Program Studi Kedokteran

Visi PSPD UNDIKSHA:

“Menjadi program studi kedokteran unggul dalam bidang kedokteran pariwisata berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045”

Didasarkan atas Visi Institusi PSPD UNDIKSHA, maka visi keilmuan PSPD dengan kekhususan Kedokteran Pariwisata dirumuskan sebagai berikut:

  1. Sampai saat ini kedokteran pariwisata di Indonesiabelum dianggap sebagai suatu spesialisasi tersendiri di kalangan medis serta standar pelayanannya pun juga belum tersedia. Padahal, praktik kedokteran pariwisata berbeda dari praktek kedokteran biasa. Jika praktik dokter biasanya ditujukan untuk pengobatan, maka praktik kedokteran pariwisata lebih difokuskan pada aspek promotif dan preventif.
  2. Terkait dengan layanan pariwisata di Indonesia, khususnya Bali sebagai destinasi wisata internasional, kedokteran pariwisata merupakan suatu keharusan yang memberikan layanan pada aspek promotif dan preventif tanpa mengurangi aspek kuratif dan rehabilitatif.
  3. Kurikulum dikembangkan dengan mengintegrasikan ilmu dan teknologi kedokteran modern dengan ilmu olahraga dan ilmu pariwisata.

Yang dimaksud dengan Falsafah Tri Hita Karana adalah terwujudnya hubungan yang hamonis pada hubungan antara manusia dengan Tuhan (Parahyangan), manusia dengan sesamanya (Pawongan), dan manusia dengan lingkungannya (Palemahan).

Misi: 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermartabatuntuk menghasilkan SDM yang kompetitif dan berkarakterberlandaskan falsafah Tri Hita Karana dan memiliki kompetensi khusus kedokteranpariwisata.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan kompetitifuntuk pengembangan dan penerapan iptekkedokteran berlandaskan falsafah Tri Hita Karanadan memiliki kompetensi khusus kedokteranpariwisata.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan kompetitif berlandaskan falsafah Tri Hita Karanadan memiliki kompetensi khusus kedokteranpariwisata.
  4. Mengintegrasikan iptek kedokteran, olahraga, pariwisata, pendidikan, penelitian dan pengabdian dalam penerapan ilmu kedokteran pariwisata.

Tujuan:

  1. Terwujudnya lulusan yang unggul, bermartabat dan memiliki kompetensi khusus kedokteran pariwisata.
  2. Terwujudnya lulusan yang mampu melakukan penelitian yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada kedokteran pariwisata.
  3. Terwujudnya lulusan yang mampu melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berorientasi kedokteran pariwisata.
  4. Terwujudnya lulusan yang mampu mengintegrasikan pendidikan, penelitian dan pengabdian dalam penerapan ilmu kedokteran pariwisata.