A. Workshop TOI (Training of Instructure)
Workshop TOI (Training of Instructure) dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan tenaga dosen di Lingkungan Fakultas Kedokteran untuk menjadi instruktur dalam pemberian keterampilan klinis bagi mahasiswa Kedokteran. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Nopember 2018 di Ruang Seminar Fakultas Kedokteran di Desa Jineng Dalem yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. M Ahmad Djojosugito, dr.Sp.OT(K), MHA, MBA. Workshop ini dikuti oleh seluruh Dosen di Lingkungan Fakultas Kedokteran sebanyak 14 orang. Adapun narasumber dari Workshop ini adalah R.Aj. Sri Wulandari, dr., M.Kes dari Universitas Sebelas Maret.
Kegiatan worskhop berjalan dengan sangat baik dimana peserta menyimak paparan dari narasumber dan peserta juga sangat antusias saat bertanya pada sesi diskusi. Workshop ini sangat penting diselenggarakan karena dalam proses pembelajaran pada pendidikan kedokteran selain diberikan terkait pengetahuan juga dibekali dengan sejumlah keterampilan klinis/medis yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran
B. Workshop TOT (Training of Tutorial)
Workshop TOT (Training of Tutorial) merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan tenaga dosen di Lingkungan Fakultas Kedokteran dalam memberikan pembelajaran atau sebagai tutor saat diskusi kelompok bagi mahasiswa Kedokteran. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Nopember 2018 di Ruang Seminar Fakultas Kedokteran di Desa Jineng Dalem yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. M Ahmad Djojosugito, dr.Sp.OT(K), MHA, MBA. Workshop ini dikuti oleh seluruh Dosen di Lingkungan Fakultas Kedokteran sebanyak 14 orang. Adapun narasumber dari Workshop ini adalah Amandha Boy Timor, dr., MMEd dari Universitas Sebelas Maret.
Kegiatan worskhop berjalan dengan sangat baik dimana peserta sangat antusias dalam menyimak paparan dari narasumber dan juga terjadi interaksi yang sangat hangat antara narasumber dan peserta saat diskusi. Workshop ini sangat pentinmg diselenggarakan mengingat metode pembelajaran yang saat ini digunakan oleh institusi pendidikan Kedokteran adalah Problem-based learning (PBL). Dalam metode ini, mahasiswa merupakan pusat pembelajaran (student-centered learning) yang meningkatkan kemandirian mahasiswa untuk proses telaah kritis dan penalaran klinis. Implementasi metode PBL lebih banyak dilakukan pada kelas atau kelompok yang terdiri dari 8-12 mahasiswa, dengan diskusi kelompok atau tutorial.
C. Workshop Assesment
Workshop Assesment dilaksanakan pada tanggal 10 Nopember 2018 di Ruang Seminar Fakultas Kedokteran di Desa Jineng Dalem yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. M Ahmad Djojosugito, dr.Sp.OT(K), MHA, MBA. Workshop ini dikuti oleh seluruh Dosen di Lingkungan Fakultas Kedokteran sebanyak 14 orang. Adapun narasumber dari Workshop ini adalah Dr. Eti Poncorini, dr., MPd dari Universitas Sebelas Maret.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya peningkatan kemampuan Dosen Fakultas Kedokteran melakukan penilaian yang sesuai bagi pendidikan kedokteran mengingat penilaian mahasiswa juga merupakan aspek penting untuk menjamin ketercapaian tujuan pembelajaran. Penilaian harus dapat menggambarkan aspek kompetensi yang diajarkan atau dilatihkan. Pada metode Problem Based Learning dengan piramida Assesment Miller, menjadikan penilaian kompetensi mahasiswa tidak bisa dilihat hanya dari satu metode uji. Perlu penyesuaian pada kedalaman dan keluasan kompetensi tersebut.